METODE PELATIHAN
APA YANG DIMAKSUD DENGAN METODE PELATIHAN ?
SEBUAH RANCANGAN ATAU KONSEP DALAM MEMBERIKAN LATIHAN YANG
AKAN DISAMPAIKAN KEPADA PEMAIN AGAR DAPAT DITERIMA ATAU DIMENGERTI.
HAL INI PENTING AGAR PELATIHAN MENJADI EFEKTIF DAN SEMUA
FUNGSI LATIHAN BERJALAN DENGAN BAIK.
DALAM ILMU KEPELATIHAN BAIK FUTSAL DAN SEPAKBOLA TERDAPAT 7
TAHAPAN YANG HARUS DILAKUKAN :
1 1. PERSIAPAN / PENJELASAN SESI LATIHAN (KEPADA
SELURUH ASISTEN PELATIH)
2. 2. SESI PEMANASAN3. SESI TEKNIK4. SESI KETRAMPILAN / FUNGSIONAL5. SESI SITUASI PERTANDINGAN6. PENGARAHAN ATAU INSTRUKSI7. SESI PENDINGINAN
MARI KITA BAHAS SATU PERSATU :
1. 1. PERSIAPAN / PENJELASAN SESI LATIHAN (KEPADA
SELURUH ASISTEN PELATIH)
SEBELUM MEMBERIKAN PELATIHAN, PELATIH
KEPALA HARUS MEMILIKI KONSEP SECARA UMUM APA YANG AKAN DILATIH.
MISALKAN
POLA PERMAINAN APA YANG DIINGINKAN
ATAU BAHKAN GAYA PERMAINAN APA YANG INGIN
DITERAPKAN
PELATIH HARUS MEMILIKI RENCANA HARIAN /
MINGGUAN / BULANAN ATAU BAHKAN TAHUNAN.
UNTUK ITU PELATIH HARUS MENGINVENTARISASI 3
HAL :
1.
PEMAIN DAN STAF PELATIH
2.
PERALATAN
3.
LAPANGAN
MAKSUDNYA ?
1.
PEMAIN DAN STAF PELATIH
UNTUK STAF PELATIH, BERAPA JUMLAH
STAF PELATIH YANG ADA ATAU DIPERLUKAN?
BAGAIMANA PEMBAGIAN TUGASNYA ?
CONTOH :
MEMILIKI 2 ASISTEN PELATIH :
PELATIH MENYERANG DAN BERTAHAN
1 PELATIH FISIK
1 PELATIH KIPER
1 MASSEUR / PHYSIOTHERAPIS
1 KIT MAN
KEMUDIAN SOAL PEMAIN
- . BERAPA JUMLAH PEMAIN YANG AKAN DILATIH. CONTOH 18 PEMAIN
- . JUMLAH PEMAIN BERDASARKAN POSISI. MISALKAN 2 KIPER, 2 ANCHOR, 2 PIVOT 12 FLANK
- . USIA PEMAIN
- . LEVEL KEMAMPUAN PEMAIN
- . APAKAH ADA KASUS KHUSUS? BERKENAAN DENGAN CEDERA
2. PERALATAN LATIHAN
JUMLAH BOLA LATIHAN. 20 BUAH
APAKAH MEMILIKI MARKER, CONE, GAWANG PORTABLE, ROMPI, LADDER, GAWANG MINI,
DLL
3. LAPANGAN LATIHAN
APAKAH MENGGUNAKAN LAPANGAN SINTETIS ATAU VINNYL
BERAPA
LUAS LAPANGAN? APAKAH STANDAR NASIONAL ATAU INTERNASIONAL
SETELAH MENDAPATKAN INFORMASI MENGENAI TIM-NYA. PELATIH
HARUS MEMBUAT PERENCANAAN :
RENCANA HARIAN / MINGGUAN / BULANAN DAN TAHUNAN. SEMUANYA DI BUAT DALAM SALINAN ELEKTONIK ATAU CETAK. YANG
KEMUDIAN DI BAGI KEPADA SEMUA ASISTEN DAN MEMBAGI TANGGUNG JAWAB PADA SETIAP
LATIHAN.
MEMBERIKAN PENGARAHAN YANG ISINYA :
TUJUAN SESI LATIHAN DIBERIKAN DAN DESKRIPSIKAN SESI LATIHANNYA . BISA GUNAKAN PAPAN TULIS
ATAU BISA DENGAN PROYEKTOR. PADA SETIAP AWAL LATIHAN BERIKAN PENGARAHAN SELAMA 20-30
MENIT KE SEMUA ASISTEN PELATIH.
2. 2. SESI PEMANASAN
PADA SESI INI DILAKUKAN UNTUK MEMPERSIAPKAN PEMAIN SECARA
FISIK DAN MENTAL UNTUK LATIHAN UTAMA PADA SESI LATIHAN SAAT ITU.
SELAIN ITU UNTUK MENCEGAH CEDERA
CARANYA DAPAT DENGAN PEMANANSAN TANPA BOLA ATAU MENGGUNAKAN
BOLA
PENTINGNYA PEMANASAN INI HARUS DIHUBUNGKAN DENGAN PELATIHAN
UTAMA DAN PELATIHAN TEKNIS.
MISALKAN : LATIHAN PASSING.
PEMANASAN TANPA BOLA. DAPAT MELAKUKAN GERAKAN UNTUK
MEMPERKUAT OTOT BAGIAN KAKI.
JIKA DENGAN BOLA, DAPAT MELAKUKAN PASSING ANTAR PEMAIN TANPA
ADA TEKANAN PADA KAKI.
DURASI 10-15 MENIT
3. 3. SESI TEKNIK
PADA SESI INI PELATIH MELAKUKAN LATIHAN
BASIC ATAU TEKNIS YANG DITEKANKAN PADA PRINSIP-PRINSIPNYA. LEBIH UNTUK
MEMBERIKAN PEMAHAMAN YANG SAMA SECARA INDIVIDU.
LATIHAN INI DILAKUKAN SECARA SEDERHANA ATAU
TANPA LAWAN DAN TANPA TEKANAN.
NAMUN PELATIHANNYA SUDAH HARUS DIHUBUNGKAN
UNTUK SESI BERIKUTNYA DAN SITUASI PERMAINAN.
MISALKAN : LATIHAN PASSING
COACHING POINT-NYA : TIMING, BOBOT
TENDANGAN, KECEPATAN MENGOPER, AKURASI, PENGGUNAAN BAGIAN KAKI SAAT MELAKUKAN
PASSING
(KASIH GAMBAR LATIHAN PASSING)
4. 4. SESI KETRAMPILAN / FUNGSIONAL
LATIHAN PADA SESI INI LEBIH MENINGKAT BAIK
TINGKAT KESULITAN DAN TEKANANNYA. LATIHAN DI TEKANKAN PADA KETRAMPILAN PEMAIN,
FOKUS SETIAP PEMAIN DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN SI PEMAIN.
MISALKAN : LATIHAN PASSING
BERMAIN 3 VERSUS 1.
BERMAIN SECARA RONDO, 3 PEMAIN BERUSAHA
MENGUASAI BOLA DENGAN MELAKUKAN PASSING. 1 PEMAIN DITENGAH BERTUGAS UNTUK
MENCEGAT BOLA.
TUJUAN LATIHAN ADALAH AGAR KETIGA PEMAIN
DAPAT MELAKUKAN PASSING DENGAN AKURAT, TEPAT DAN MELATIH PENGAMBILAN KEPUTUSAN
SEBELUM MELAKUKAN PASSING.
ADA PRINSIP 3W 1H : WHO, WHEN, WHERE DAN HOW
KEMUDIAN DAPAT DITINGKATKAN DENGAN
MENGGUNAKAN TARGET GOL DAN DITAMBAH PENJAGA GAWANG.
5. 5. SESI SITUASI PERTANDINGAN
DI TAHAP INI LATIHAN DISESUAIKAN DENGAN
SITUASI PERTANDINGAN. APAKAH DENGAN PERMAINAN DENGAN JUMLAH PEMAIN YANG LEBIH
SEDIKIT ATAU BERMAIN DENGAN 5 V 5.
ATAU MENGGUNAKAN PEMAIN NETRAL UNTUK
TERLIBAT.
MENGGUNAKAN 2 TARGET ATAU GAWANG DAN 2 GOAL
KEEPER. HAL INI DILAKUKAN AGAR PEMAIN MENJADI
BERKEMBANG SAAT LATIHAN BERSAMA DAN MELAKSANAKAN PERAN SECARA INDIVIDU ATAU
GRUP DAN TANGGUNG JAWAB SEBELUM SITUASI BERMAIN YANG SESUNGGUHNYA.
6. 6. SESI PENGARAHAN / INSTRUKSI
DAPAT JUGA DIBILANG SESI EVALUASI.
MEMBERIKAN PENGARAHAN DAN HASIL KESIMPULAN DARI SESI DAN MENGINFORMASIKAN
PERFORMA PEMAIN SAAT LATIHAN DAN APA YANG AKAN DIPELAJARI SELANJUTNYA. BERIKAN DAN INGATKAN HAL-HAL POSITIF YANG
MEREKA LAKUKAN SAAT LATIHAN
7. 7. SESI PENDINGINAN
USAHAKAN SELALU ADAKAN SESI
PENDINGINAN SELAMA 5-10 MENIT.
TUJUANNYA UNTUK RELAKSASI FISIK DAN
MENTAL.
DAPAT MELAKUKAN JOGGING ATAU PEREGANGAN. BISA JUGA KEDUANYA.
DEMIKIANLAH 7 HAL YANG HARUS
DIPERHATIKAN DALAM METODE KEPELATIHAN. SEMOGA BERMANFAAT.
SALAM FUTSAL INDONESIA
Cek : https://anchor.fm/coach2coach
Channel Youtube : Metode Pelatihan Futsal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar