Sabtu, 25 April 2020

METODE PELATIHAN FUTSAL


METODE PELATIHAN



APA YANG DIMAKSUD DENGAN METODE PELATIHAN ?
SEBUAH RANCANGAN ATAU KONSEP DALAM MEMBERIKAN LATIHAN YANG AKAN DISAMPAIKAN KEPADA PEMAIN AGAR DAPAT DITERIMA ATAU DIMENGERTI.
HAL INI PENTING AGAR PELATIHAN MENJADI EFEKTIF DAN SEMUA FUNGSI LATIHAN BERJALAN DENGAN BAIK. 

DALAM ILMU KEPELATIHAN BAIK FUTSAL DAN SEPAKBOLA TERDAPAT 7 TAHAPAN YANG HARUS DILAKUKAN :

1     1. PERSIAPAN / PENJELASAN SESI LATIHAN (KEPADA SELURUH ASISTEN PELATIH)
2.    2. SESI PEMANASAN3. SESI TEKNIK4. SESI KETRAMPILAN / FUNGSIONAL5. SESI SITUASI PERTANDINGAN6. PENGARAHAN ATAU INSTRUKSI7. SESI PENDINGINAN

MARI KITA BAHAS SATU PERSATU :




1.     1.  PERSIAPAN / PENJELASAN SESI LATIHAN (KEPADA SELURUH ASISTEN PELATIH)

SEBELUM MEMBERIKAN PELATIHAN, PELATIH KEPALA HARUS MEMILIKI KONSEP SECARA UMUM APA YANG AKAN DILATIH.
MISALKAN
POLA PERMAINAN APA YANG DIINGINKAN
ATAU BAHKAN GAYA PERMAINAN APA YANG INGIN DITERAPKAN

PELATIH HARUS MEMILIKI RENCANA HARIAN / MINGGUAN / BULANAN ATAU BAHKAN TAHUNAN.

UNTUK ITU PELATIH HARUS MENGINVENTARISASI 3 HAL :

1.       PEMAIN DAN STAF PELATIH
2.       PERALATAN
3.       LAPANGAN

MAKSUDNYA ?
1.       PEMAIN DAN STAF PELATIH

UNTUK STAF PELATIH, BERAPA JUMLAH STAF PELATIH YANG ADA ATAU DIPERLUKAN?
BAGAIMANA PEMBAGIAN TUGASNYA ?
CONTOH :

MEMILIKI 2 ASISTEN PELATIH : PELATIH MENYERANG DAN BERTAHAN
1 PELATIH FISIK
1 PELATIH KIPER
1 MASSEUR / PHYSIOTHERAPIS
1 KIT MAN

KEMUDIAN SOAL PEMAIN

  • .       BERAPA JUMLAH PEMAIN YANG AKAN DILATIH. CONTOH 18 PEMAIN
  • .       JUMLAH PEMAIN BERDASARKAN POSISI. MISALKAN 2 KIPER, 2 ANCHOR, 2 PIVOT   12                    FLANK
  • .       USIA PEMAIN
  • .       LEVEL KEMAMPUAN PEMAIN
  • .       APAKAH ADA KASUS KHUSUS? BERKENAAN DENGAN CEDERA



2.    PERALATAN LATIHAN
JUMLAH BOLA LATIHAN. 20 BUAH
APAKAH MEMILIKI MARKER, CONE, GAWANG PORTABLE, ROMPI, LADDER, GAWANG MINI, DLL


3.    LAPANGAN LATIHAN
APAKAH MENGGUNAKAN LAPANGAN SINTETIS ATAU VINNYL
BERAPA LUAS LAPANGAN? APAKAH STANDAR NASIONAL ATAU INTERNASIONAL


SETELAH MENDAPATKAN INFORMASI MENGENAI TIM-NYA. PELATIH HARUS MEMBUAT PERENCANAAN :
RENCANA HARIAN / MINGGUAN / BULANAN DAN TAHUNAN. SEMUANYA DI BUAT DALAM SALINAN ELEKTONIK ATAU CETAK. YANG KEMUDIAN DI BAGI KEPADA SEMUA ASISTEN DAN MEMBAGI TANGGUNG JAWAB PADA SETIAP LATIHAN. 

MEMBERIKAN PENGARAHAN YANG ISINYA :
TUJUAN SESI LATIHAN DIBERIKAN DAN DESKRIPSIKAN  SESI LATIHANNYA . BISA GUNAKAN PAPAN TULIS ATAU BISA DENGAN PROYEKTOR. PADA SETIAP AWAL LATIHAN BERIKAN PENGARAHAN SELAMA 20-30 MENIT KE SEMUA ASISTEN PELATIH.

2.       2. SESI PEMANASAN

PADA SESI INI DILAKUKAN UNTUK MEMPERSIAPKAN PEMAIN SECARA FISIK DAN MENTAL UNTUK LATIHAN UTAMA PADA SESI LATIHAN SAAT ITU.
SELAIN ITU UNTUK MENCEGAH CEDERA
CARANYA DAPAT DENGAN PEMANANSAN TANPA BOLA ATAU MENGGUNAKAN BOLA
PENTINGNYA PEMANASAN INI HARUS DIHUBUNGKAN DENGAN PELATIHAN UTAMA DAN PELATIHAN TEKNIS.
MISALKAN : LATIHAN PASSING.
PEMANASAN TANPA BOLA. DAPAT MELAKUKAN GERAKAN UNTUK MEMPERKUAT OTOT BAGIAN KAKI.
JIKA DENGAN BOLA, DAPAT MELAKUKAN PASSING ANTAR PEMAIN TANPA ADA TEKANAN PADA KAKI.
DURASI 10-15 MENIT

3.       3. SESI TEKNIK

PADA SESI INI PELATIH MELAKUKAN LATIHAN BASIC ATAU TEKNIS YANG DITEKANKAN PADA PRINSIP-PRINSIPNYA. LEBIH UNTUK MEMBERIKAN PEMAHAMAN YANG SAMA SECARA INDIVIDU.

LATIHAN INI DILAKUKAN SECARA SEDERHANA ATAU TANPA LAWAN DAN TANPA TEKANAN.
NAMUN PELATIHANNYA SUDAH HARUS DIHUBUNGKAN UNTUK SESI BERIKUTNYA DAN SITUASI PERMAINAN.

MISALKAN : LATIHAN PASSING

COACHING POINT-NYA : TIMING, BOBOT TENDANGAN, KECEPATAN MENGOPER, AKURASI, PENGGUNAAN BAGIAN KAKI SAAT MELAKUKAN PASSING

(KASIH GAMBAR LATIHAN PASSING)


4.      4.  SESI KETRAMPILAN / FUNGSIONAL

LATIHAN PADA SESI INI LEBIH MENINGKAT BAIK TINGKAT KESULITAN DAN TEKANANNYA. LATIHAN DI TEKANKAN PADA KETRAMPILAN PEMAIN, FOKUS SETIAP PEMAIN DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN SI PEMAIN.

MISALKAN : LATIHAN PASSING

BERMAIN 3 VERSUS 1.

BERMAIN SECARA RONDO, 3 PEMAIN BERUSAHA MENGUASAI BOLA DENGAN MELAKUKAN PASSING. 1 PEMAIN DITENGAH BERTUGAS UNTUK MENCEGAT BOLA.

TUJUAN LATIHAN ADALAH AGAR KETIGA PEMAIN DAPAT MELAKUKAN PASSING DENGAN AKURAT, TEPAT DAN MELATIH PENGAMBILAN KEPUTUSAN SEBELUM MELAKUKAN PASSING.

ADA PRINSIP 3W 1H : WHO, WHEN, WHERE DAN HOW

KEMUDIAN DAPAT DITINGKATKAN DENGAN MENGGUNAKAN TARGET GOL DAN DITAMBAH PENJAGA GAWANG.


5.       5. SESI SITUASI PERTANDINGAN

DI TAHAP INI LATIHAN DISESUAIKAN DENGAN SITUASI PERTANDINGAN. APAKAH DENGAN PERMAINAN DENGAN JUMLAH PEMAIN YANG LEBIH SEDIKIT ATAU BERMAIN DENGAN 5 V 5.
ATAU MENGGUNAKAN PEMAIN NETRAL UNTUK TERLIBAT.

MENGGUNAKAN 2 TARGET ATAU GAWANG DAN 2 GOAL KEEPER. HAL INI DILAKUKAN AGAR PEMAIN MENJADI BERKEMBANG SAAT LATIHAN BERSAMA DAN MELAKSANAKAN PERAN SECARA INDIVIDU ATAU GRUP DAN TANGGUNG JAWAB SEBELUM SITUASI BERMAIN YANG SESUNGGUHNYA.


6.       6. SESI PENGARAHAN / INSTRUKSI

DAPAT JUGA DIBILANG SESI EVALUASI. MEMBERIKAN PENGARAHAN DAN HASIL KESIMPULAN DARI SESI DAN MENGINFORMASIKAN PERFORMA PEMAIN SAAT LATIHAN DAN APA YANG AKAN DIPELAJARI SELANJUTNYA. BERIKAN DAN INGATKAN HAL-HAL POSITIF YANG MEREKA LAKUKAN SAAT LATIHAN
  

7.     7.   SESI PENDINGINAN

USAHAKAN SELALU ADAKAN SESI PENDINGINAN SELAMA 5-10 MENIT.
TUJUANNYA UNTUK RELAKSASI FISIK DAN MENTAL.
DAPAT MELAKUKAN JOGGING ATAU  PEREGANGAN. BISA JUGA KEDUANYA.


DEMIKIANLAH 7 HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM METODE KEPELATIHAN. SEMOGA BERMANFAAT.

SALAM FUTSAL INDONESIA

Cek : https://anchor.fm/coach2coach
Channel Youtube : Metode Pelatihan Futsal


Tidak ada komentar:

Posting Komentar